ESKALATOR MEMAKAN KORBAN

https://www.youtube.com/watch?v=qoLMT7axQ8Q&feature=youtu.be

HONG KONG: Sebuah eskalator tiba-tiba berbalik arah dengan kecepatan tinggi di keramaian mall Mong Kok  Sabtu sore(25/03),  mengakibatkan 18 korban luka serius.

Rekaman video yang direkam oleh saksi menunjukkan bahwa  eskalator eskalator sepanjang 45 meter – yang menghubungkan lantai keempat dan kedelapan Langham Place pada Argyle Street – yang sedang naik tiba-tiba berubah arah ke bawah dengan kecepatan tinggi menyebabkan pengunjung kehilangan keseimbangan, jatuh bergelimpangan ke bawah dengan posisi saling menumpuk.

Saksi membenarkan 14 perempuan dan empat laki-laki yang terluka kehilangan keseimbangan dan terguling ke bawah eskalator.

Seorang juru bicara polisi mengatakan satu pria menderita cedera kepala dan dibawa ke Rumah Sakit Queen Elizabeth.

Saksi mata  mengatakan melihat eskalator berubah arah dengan kecepatan tinggi dalam insiden yang berlangsung kurang dari satu menit.

“Saya mendengar orang-orang berteriak … eskalator turun,” kata Tina, mengatakan.

“Orang-orang mulai panik … dan beberapa jatuh.”

Dia ingat bahwa sehari sebelumnya eskalator yang sama telah berhenti selama beberapa menit.

Lau Kit-ying, yang berada di sebuah toko burger terdekat dan menyaksikan kekacauan, juga mengatakan eskalator itu bergerak sekitar dua atau tiga kali lebih cepat dari biasanya.

“Itu sangat tiba-tiba … lebih dari 10 orang menumpuk dekat tangga eskalator,” kata Lau.

“Saya melihat seorang laki-laki berdarah di kepalanya, saya tidak yakin apakah dia sadar, tapi seorang pria asing dan staf mal berusaha membantu menghentikan pendarahan dengan pertolongan pertama,” katanya.

“Mereka yang terluka adalah orang-orang muda dan mereka berdiri dengan cepat … Aku senang bahwa tidak ada orang tua yang terlibat.”

Judy Chu, seorang manajer dari sebuah kafe makanan di dekatnya, menceritakan kepanikan setelah kecelakaan itu. “Beberapa orang berlari ke atas. Beberapa bahkan melompat ke eskalator di sisi lain,” katanya.

Chung Chi-wai, asisten perwira divisi dari stasiun pemadam kebakaran Tsim Sha Tsui, mengatakan tidak ada yang mengalami patah tulang, semua dalam kondisi sadar ketika tim darurat tiba.

Anggota Komite Penasehat Keselamatan Eskalator Charles Wong Kai-hon mengatakan ada kemungkinan bahwa kecelakaan itu disebabkan oleh tidak berfungsinya rem salah satu eskalator .

Seorang juru bicara Langham Place mengatakan pemeriksaan rutin eskalator terakhir 23 Maret. Untuk pemeriksaan tahunan dilakukan dua kali setahun, sedangkan pemeriksaan rutin yang dilakukan setiap dua minggu sekali.

Dia mengatakan kontraktor tersebut, Otis Elevator Company (Hong Kong), telah diminta untuk menyelidiki penyebab kecelakaan.

Juru bicara itu menambahkan bahwa mal itu sangat khawatir tentang kecelakaan itu dan akan menawarkan bantuan kepada yang terluka, sementara sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan pemerintah.

Diperkirakan ada 200.000 orang pengunjung setiap hari yang mengunjungi lokasi mal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *